Sosial Kemasyarakatan Dan Pengembangan Ekonomi


Usahaperdana.com - Banda Aceh - Program Sosial Kemasyarakatan Dan Pengembangan Ekonomi dewasa ini sangat dibutuhkan oleh lapisan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan masyarakat hal itu dapat dilihat dari menikatnya garis kemiskinan di beberapa daerah di indonesia,seperti apa yang di sampakain oleh saudara Zulfahmi salah seorang aktifis Kemanusian.

Zulfahmi Aktifis Kemanusian Dan Penulis
 Zulfahmi Aktifis Kemanusian Dan Penulis 


Sosiologi Ekonomi merupakan perspektif sosiologis yang menjelaskan fenomena ekonomi, terutama terkait dengan aspek produksi, distribusi, pertukaran, konsumsi barang, jasa, dan sumber daya, yang bermuara pada bagaimana masyarakat mencapai kesejahteraan.

Sosiologi Ekonomi menunjukkan perkembangan yang eksplosif sejalan dengan berbagai permasalah sosial ekonomi masyarakat, baik di negara-negara maju maupun di negara-negara berkembang yang sedang berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui berbagai kebijakan pembangunan.

Perkembangan studi Sosiologi Ekonomi tidak terlepas dari pengaruh pemikiran tokoh sosiologi klasik dan aliran pemikiran baru dalam sosiologi ekonomi sejak dekade 1980-an. Hasil kajian eksploratif yang pada tulisan ini melalui penelusuran atas perkembangan studi Sosiologi Ekonomi di Indonesia, menunjukkan bahwa sebagian besar studi diarahkan kepada bagaimana masyarakat memenuhi kebutuhan dan mencapai kemakmuran atau kesejahteraan yang erat kaitannya dengan masalah kemiskinan. Saat ini studi Sosiologi Ekonomi lebih marak menganalisis tentang kapital sosial, serta masalah struktur, kelembagaan dan sistem ekonomi nasional dikaitkan dengan kesejahteraan masyarakat.

Sistem ekonomi nasional yang dimaksud adalah yang sejalan amanat konsititusi kita. Pada sisi lain, dampak pembangunan nasional terutama sejak masa orde baru juga banyak diteliti mengingat kebijakan pembangunan dinilai belum mampu menciptakan kesejahteraan masyarakat, bahkan terkesan belum berhasil menciptakan inklusifitas dalam pembangunan nasional, berlandaskan pembangunan model negara kesejahteraan (MNK) dengan indikator utama berupa “pemerataan” pembangunan.

Dengan program pemerintah mengenai alokasi dana desa sangat menunjang pembagunan desa untuk mempercepat pembagunan di tingkat desa, namun masih banyak hal yang harus di kaji kembali oleh pemerintah pusat karena ada sebagian daerah masih kurang memahami tentang pengelolaan dana desa denagan baik sehingga banyak menimbulkan masalah dalam mengelola dana desa,maka dari hal terbut permerintah harus lebih proaktif dan melibatkan lembaga LSM -NGO dalam menjalankan program tersebut sehingga semua penerima mamfaat dalam hal ini masyarakat dapat merealisasikan seruh program permerintah dengan baik dan tepat sasaran.

6 Responses to "Sosial Kemasyarakatan Dan Pengembangan Ekonomi"

  1. bener mas dana desa harus dikelola dengan baik. mungkn harus ada training kepala desa soalnya di saya sepertinya belum terasa manfaatnya kemana. untuk apanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya emang harus ada pendamping desa yang membantu kepala desa untuk mengalokasikan dana desa yang tepat dalam mewujudkan desa yang inovatif,kreatif,mandiri,maju,sejahtera,dan berdaya saing tinggi. Terima kasih atas kunjungan di media blog usahaperdana.com,salam kenal mang Abdul.

      Delete
  2. Soal dana, peninglah suah. Jika sudah urusan duit, pastinya saling berebut. Semoga saja lembaga LSM dilibatkan biar tepat sasaran dan transparan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas djb wajib transparan sekarang Dana Desa di pakai ke arah mana aja.perlu ada pendamping desa yang handal dan kreatif untuk mengelola dengan tepat sasaran.

      Delete
  3. Kalau pemanfaatannya maksimal, dana desa bisa sangat bermanfaat bagi seluruh warga desa ya, bang. Jangan sampe salah pilih orang dalam mengelola dana desa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saatnya dana desa di kelola dengan baik dan tepat guna.biar dapat berinovasi dalam pengembangan potensi desa.

      Delete